Tak Berkategori

Barcelona Serta 3 Tim Lain Menderita Kerugian Besar Selama Bursa Transfer 2018/2019

Barcelona memutuskan diri sudah lolos ke semifinal Liga Champions. Los Blaugrana, julukan Barcelona, menyingkirkan klub asal Inggris, Manchester United (MU).

Tim asuhan Erenesto Valverde itu menyingkirkan MU dengan skor agregat 4-0. Saat pertandingan di Camp Nou, pada leg kedua perempat final, aksi fantastis ditunjukkan bintang Barcelona, Lionel Messi. Ia mencetak dua gol.
Dua golnya menampilkan Messi sebagai salah satu pemain terbaik dunia yang pernah terlahir. Keberadaan Messi malahan membuat tenaga tarik tersendiri untuk Barcelona.

Kongkretnya, dalam kesibukan transfer pemain, mereka sukses menerima Frenkie De Jong dari Ajax Amsterdam. Pada 23 Januari 2019, klub asal Spanyol hal yang demikian menyerahkan 75 juta euro (Rp 1,1 triliun) ke rekening Ajax Amsterdam untuk meminang pemain berusia 21 tahun itu.

Total, Barcelona menghabiskan 126 juta euro atau setara dengan Rp 1,9 triliun untuk kesibukan transfer pemain sepanjang tahun 2018-19. Los Blaugrana hanya menerima 88,5 juta euro dari jendela transfer.
Artinya, keuangan Barcelona masih minus 37,4 juta euro. Tapi bukan Los Blaugrana yang menjadi tim paling merugi selama kesibukan bursa transfer 2018-19. Siapa saja tim yang dimaksud, seperti dikutip dari Transfermarkt? Simak di halaman selanjutnya.

Juventus

Juventus menjadi tim yang paling jor-joran sepanjang bursa transfer 2018-19. Mereka mengeluarkan uang sebesar 257 juta euro atau setara dengan Rp 4 triliun.

Cristiano Ronaldo menjadi pemain paling mahal yang mereka datangkan pada bursa transfer musim panas lalu. Juventus menerima Ronaldo dengan mahar 117 juta euro.

Tapi, tarif pengeluaran Si Nyonya Tua lebih besar dari pendapatannya. Juventus hanya menerima pemasukan sebesar 91 juta euro (Rp 1,4 triliun). Artinya, Juventus minus 166,4 juta euro (Rp 2,6 triliun).

Liverpool

Di bawah Juventus ada Liverpool. Tim asal Inggris itu menghabiskan 185 juta euro atau setara dengan Rp 2,9 triliun, dalam setahun untuk belanja pemain.

Tim asuhan Jurgen Klopp itu mendatangkan banyak pemain baru di awal musim, Allison (62,5 juta euro), Naby Keita (60 juta euro), sampai Fabinho (45 juta euro).

Tapi, tarif pendapatan Liverpool benar-benar sedikit yaitu, 17,3 juta euro (Rp 273 miliar). Keuangan klub berjulukan The Reds itu malahan masih minus sebesar 165 juta euro (Rp 2,6 triliun).

Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain (PSG) menjadi tim ketiga yang pengeluarannya benar-benar besar di bursa transfer. Mereka mengeluarkan uang sebesar 177 juta euro (Rp 2,7 triliun).

Pengeluaran terbesar PSG saat membayar Kylian Mbappe untuk mempermanenkannya dari AS Monaco. Pemain berusia 20 tahun itu sepatutnya dibayar dengan mahar 135 juta euro (Rp 2,1 triliun).

Kendati demikian, PSG hanya mendapatkan pemasukan yang lebih kecil dari tarif pengeluaran mereka, yaitu 109 juta euro (Rp 1,7 triliun). Artinya, keuangan PSG minus 68 juta euro atau setara dengan Rp 1 triliun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *